Entri Populer

Rabu, 28 November 2012

Tips Berbaur dengan Baik di Thailand

Tips Berbaur dengan Baik di Thailand 
 
R.K Community - NEGERI Jiran Thailand memang dikenal dengan keramahannya. Bahkan, kini Thailand telah memiliki julukan 'Land of Smiles' atau 'Negeri Penuh Senyum' di kalangan wisatawan Barat. Maka itu, tak mengherankan bila negara ini semakin diminati sebagai tujuan wisata favorit di Asia Tenggara.

Meski sama-sama warga Asia, ada beberapa kebiasaan yang berbeda agar kita bisa diterima dengan baik di sana. Apa sajakah itu? Yuk disimak.

"Di Thailand, orang asing bisa berpotensi menyinggung perasaan orang lokal tanpa disadari. Hal terparah yang bisa dialami di sini adalah kehilangan kesabaran," kata ahli pariwisata Four Seasons, Gwen DeWalt.

Ini tips untuk Anda agar bisa berbaur dengan baik di Negeri Gajah Putih itu:

1. Berkenalan

Bentuk tradisional saat menyapa orang adalah dengan mengucapkan 'wai' dengan menyatukan kedua telapak tangan seakan tengah berdoa yang diangkat hingga wajah disertai sedikit bungkukan. Namun, hal itu tak perlu dilakukan terhadap pekerja 'bawahan' seperti pelayan bahkan anak-anak. Biasanya nama 'Khun' digunakan sebelum nama asli saat berkenalan.

2. Bicara

Topik paling umum saat mengobrol pertama kali khususnya saat diskusi terbuka adalah hal umum. Hindari pertanyaan langsung seperti status pernikahan dan umur. Namun, bila Anda merasa tak nyaman dengan sebuah pertanyaan, alihkan saja jawabannya dengan hal umum.

3. Makan

Setelah rampung makan di sebuah restoran, jangan memisahkan tagihannya, biarkan tuan rumah menawarkan untuk membayar atau jika memungkinkan Andalah yang mesti membayar semuanya. Di Thailand, siapa yang membayar dianggap yang paling kaya. Adapun makanan biasanya disantap menggunakan garpu di tangan kiri untuk mendorong makanan dan sendok di tangan kanan untuk menyuap. Jangan lupa, sisakan sedikit makanan di piring untuk menandakan Anda telah kenyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar