R.K Community - Hari kedua di bulan Januari, rasanya belum terlambat untuk bersiap-siap menyambut karir yang lebih gemilang di tahun 2013 ini. Sebelum memulai rutinitas bekerja, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal untuk menyiapkan diri Anda di awal tahun. Inc.com (28/12) menyarankan beberapa hal ini untuk memulai tahun dengan segar dan bersemangat di pekerjaan.
1. Bersihkan email
Jika Anda punya kebiasaan menumpuk email, kini saat yang tepat membersihkannya dan memulai awal yang menyegarkan. Kumpulkan email dan file yang penting dan teliti lagi isi email sebelum menghapusnya. Bisa saja Anda telah melewatkan sebuah kesempatan emas tahun lalu. Jika tidak, maka hapus email yang sudah tidak perlu.
2. Sortir teman Facebook
Jika Anda tak tahu siapa mereka dan tak ingat bagaimana Anda bisa bertemu dengan mereka, kemungkinan besar mereka bukan benar-benar teman Anda. Masalahnya, sekarang halaman depan Anda dipenuhi kabar dan status orang yang tak Anda kenal dan tak Anda pedulikan. Awalnya tampak menyenangkan berhubungan dan beramah-tamah dengan banyak orang. Namun lama-kelamaan hal ini bisa menjadi gangguan. Jadikan Facebook sebagai jejaring sosial yang berguna dan menyenangkan. Buat jaringan pekerjaan di LinkedIn, atau bagikan berita lewat Twitter.
3. Pilih orang penting dalam LinkedIn
Lihat daftar teman Anda di LinkedIn. Pelajari profil dan identitas setidaknya 10 orang yang Anda pikir bisa membantu Anda untuk meraih perkembangan dalam karir. Kemudian kirimkan ucapan Selamat Tahun Baru dan mulailah percakapan. Amati kelompok Anda dan buang anggota yang tak lagi aktif dan tak lagi bisa mendukung karir.
4. Bersihkan meja kerja
Tak ada yang bisa bersemangat kerja ketika meja kerja mereka terlihat seperti kapal pecah. Jadi, sebelum mulai lagi dengan rutinitas kerja Anda sehari-hari, cobalah untuk membersihkan meja kerja. Anda akan mendapatkan pandangan yang lebih baik, pikiran yang lebih bersih, serta semangat kerja kembali.
5. Tetapkan lima prioritas karir
Mulai tahun baru dengan tujuan yang jelas. Ambillah beberapa jam untuk merenung dan benar-benar menentukan prioritas kerja Anda selama setahun ke depan. Tulis lima inisiatif terbaik Anda untuk tiga bulan ke depan, dan tempelkan di meja kerja. Dengan mengingat semua prioritas tersebut Anda bisa bekerja dengan fokus yang jelas dan mencapainya.
Lima cara di atas akan membuat Anda siap menyambut segala tantangan karir di tahun 2013. Selamat bekerja!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar