Entri Populer

Selasa, 02 Oktober 2012

Tips Keuangan Bagi Remaja

R.K Community - PEMAHAMAN keuangan sangat penting bagi setiap orang demi mewujudkan tanggung jawab keuangan dan memiliki masa depan finansial yang stabil. Tak terkecuali dengan para remaja. Mereka sudah harus dibiasakan memahami anggaran keuangan melalui tips berikut ini:

Tanamkan pemahaman pendidikan, kerja keras dan masa depan keuangan
Sangat penting membuat anak remaja menyadari pendidikan dan kerja keras berhubungan dengan masa depan keuangan mereka. Sebaiknya ajari mereka membuka rekening tabungan dan mulai mengatur pengeluarannya.

Mengajarkan menabung
Orang tua harus membimbing setiap saat. Berikan mereka akses ke rekening tabungan sendiri. Anda pun bisa mengetahui transaksi tunai yang mereka lakukan

Memberikan insentif

Libatkan mereka dalam transaksi keuangan. Misalnya jika mereka ingin menabung untuk membeli sesuatu barang favorit. Sesekali tambahkan uang insentif atas jerih payahnya menyisihkan uang. Dengan begitu mereka bisa lebih termotivasi meningkatkan jumlah nominal uang yang ditabung.

Diajarkan mengelola biaya sendiri

Ajarkan mereka menyimpan dan mengelola pengeluaran sendiri. Di sini orang tua tidak berperan banyak agar mereka lebih bertanggung jawab pada keuangannya sendiri.

Hati-hati membuat anggaran dan pengeluaran
Batasi penggunaan kartu kredit. Ajari mereka membuat anggaran dan pengeluaran belanja untuk memenuhi kebutuhan yang memang diperlukan.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar