Entri Populer

Jumat, 05 Oktober 2012

Boyong ke Jakarta, Jokowi Dikado Wayang dan Keris


Gubernur terpilih DKI Jakarta, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi.
R.K Community - Gubernur DKI Jakarta terpilih Joko Widodo mendapat kenang-kenangan dari pegawai negeri sipil Pemerintah Kota Surakarta. Kenang-kenangan itu diterima usai apel bersama di Balai Kota Surakarta, Kamis 4 Oktober 2012.

Kenang-kenangan itu berupa satu wayang kulit yang berbentuk tokoh Puntadewa. Selain itu Jokowi juga menerima kenang-kenangan dalam bentuk sebilah keris. Dua benda tersebut diserahkan oleh Wakil Wali Kota Surakarta, Hadi Rudyatmo.

"Ini bukan sekadar kenang-kenangan, tapi juga memiliki pesan khusus," kata Rudyatmo. Dia menjelaskan dua benda itu memiliki makna filosofis sehingga dipilih menjadi hadiah untuk Jokowi.

"Wayang kulit tadi adalah tokoh Puntadewa," katanya. Dalam Babad Mahabharata, Puntadewa merupakan tokoh paling tua dalam kelompok Pandawa. Puntadewa atau yang juga dikenal sebagai Yudhistira merupakan penguasa di Kerajaan Amarta.

Dalam cerita pewayangan, Puntadewa dikenal sebagai raja yang memerintah dengan arif dan bijaksana. Dia memimpin kerajaan dengan pendekatan kemanusiaan. "Kami ingin Jokowi terus melakukan pendekatan kemanusiaan saat memimpin Jakarta," kata Rudyatmo.

Sedangkan keris yang diberikan kepada Jokowi juga membawa pesan khusus. "Keris sudah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya dunia," katanya. Dia berharap, Jokowi mampu membawa Jakarta menjadi kota yang berbudaya.

Pada zaman dahulu, keris dibuat para empu dengan sentuhan tangan. "Jakarta itu membutuhkan sentuhan," katanya. 

Sumber: Tempo.co dan jakartabaru.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar