Entri Populer

Jumat, 21 September 2012

Jokowi-Ahok Menang, Warga Jakarta Paham Bhinneka Tunggal Ika

R.K Community - Isu suku, agama, ras, dan antargolongan yang menghantam pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) ternyata tidak berhasil.

Hasil penghitungan cepat beberapa lembaga survei justru menunjukan pasangan tersebut unggul atas rivalnya pasangan petahana Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

Kemenangan sementara Jokowi-Ahok juga menjadi bukti masih adanya rasa kebhinekaan warga Jakarta.

"Kemenangan Jokowi-Ahok memang sudah diprediksi akan menjadi taruhan apakah warga DKI Jakarta yang berada di Ibu Kota betul-betul sudah tuntas pemahaman dan sikap kebangsaannya, khususnya dalam mempraktikkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Achmad Basarah di Jakarta, Kamis (20/9).

Pasangan Jokowi-Ahok merupakan kombinasi suku Jawa dan Sumatra serta agama Islam dan Kristen. "Memang sejak awal pasangan ini diusung PDI Perjuangan sebagai strategi untuk melakukan eksperimen kebangsaan," kata Sekretaris F-PDIP di MPR tersebut.

Ia menambahkan, jika warga DKI Jakarta masih belum bisa mempraktikan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam berdemokrasi akan sulit bagi kita untuk mengharapkan Bhinneka Tunggal Ika bisa dijalankan di daerah atau provinsi lain.

"Dengan kemenangan Jokowi-Ahok tersebut, warga DKI Jakarta telah lulus ujian kebangsaannya. Dengan demikian kita bisa berharap dan membangun sikap optimisme ke depan bahwa proses demokrasi di Indonesia akan beriringan dengan peningkatan wawasan dan sikap kebangsaan seluruh komponen masyarakat Indonesia," tukasnya.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar