Entri Populer

Kamis, 12 Juli 2012

Lagu-lagu Wajib di Tempat Tongkrongan

Orang Indonesia senang kumpul-kumpul. Ini sudah menjadi bagian budaya yang mencakup ke seluruh lapisan masyarakat, mulai dari ibu-ibu arisan di restoran mewah hingga anak muda yang jaga malam di sudut komplek perumahan.

Bicara tentang anak muda, acara berkumpul biasanya dimeriahkan oleh gitar akustik. Sebagian besar anak muda di Indonesia bisa memainkan alat musik ini meski tidak tergabung dalam sebuah band atau menekuni pekerjaan sebagai musisi.

Sungguh berbeda dengan keadaan anak muda di Amerika Serikat misalnya. Hanya anak muda yang memang tergabung dalam sebuah band yang biasanya bisa bermain gitar.

Skill bermain gitar pemuda Indonesia biasanya didapat dari acara kumpul-kumpul juga, meskipun kebanyakan mereka hanya menghafal cara memainkan sebuah lagu, dan bukan menghafal kord gitar sebuah lagu. Tak masalah. Yang penting lagu tersebut dapat dimainkan dan semua orang di tempat tongkrongan tersebut dapat bernyanyi bahagia.

Keistimewaan lain saat bermain gitar dan bernyanyi bersama di tongkrongan adalah selera musik personal yang melebur. Misalnya, yang biasa mendengarkan musik metal di kamarnya bisa tiba-tiba menyanyikan lagu DEWA 19 ataupun Slank saat sedang berada di tongkrongan.

Biasanya tidak ada yang egois untuk memaksakan lagu favoritnya yang mungkin tidak banyak diketahui teman-temannya. Lagu-lagu yang dimainkan di tongkrongan adalah lagu-lagu "anthem" yang familiar di telinga banyak orang dan liriknya sudah dihafal di luar kepala.

Di antara lagu-lagu anthem tongkrongan yang ada, inilah 5 lagu yang  paling sering terdengar di berbagai tongkrongan di lingkungan saya, baik di sudut kompleks rumah hingga di pantry pada daerah perkantoran.

1. Terlalu Manis – Slank
Kord: http://tabs.ultimate-guitar.com/s/slank/terlalu_manis_crd.htm

2. Creep – Radiohead
Kord: http://tabs.ultimate-guitar.com/r/radiohead/creep_crd.htm

3. Don’t Look Back in Anger – Oasis
Kord: http://tabs.ultimate-guitar.com/o/oasis/dont_look_back_in_anger_crd.htm

4. When I Come Around – Greenday
Kord: http://tabs.ultimate-guitar.com/g/green_day/when_i_come_around_ver2_crd.htm

5. Kangen - DEWA 19
Kord: http://tabs.ultimate-guitar.com/d/dewa_19/kangen_ver3_crd.htm


Bagaimana dengan Anda? Apa lagu wajib Anda dan teman-teman di tempat tongkrongan?
Mari berbagi di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar