Entri Populer

Minggu, 22 Juli 2012

Cara Efektif Turunkan Berat Badan

PARA ilmuwan di Universitas Arizona, Amerika Serikat mengatakan bahwa membagi makanan menjadi potongan kecil bisa membantu untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Ada banyak kalori yang cukup tinggi dalam satu jenis makanan, misalnya seperti pie. Dengan membaginya ke dalam potongan-potongan kecil maka Anda merasa tidak akan bisa memakan semuanya. Temuan menarik dalam penelitian ini sebelumnya di uji cobakan pada hewan percobaan, seperti yang dilansir dari Geniusbeauty.

Para ilmuwan melakukan percobaan pada tikus yang ditempatkan dalam labirin. Mereka diberi makanan yang dibagi menjadi dua bagian, yakni makanan utuh yang beratnya 300 gram. Sementara makanan yang lain telah diiris menjadi empat bagian dengan masing-masing seberat 75 gram.

Hasilnya, mereka ternyata lebih menyukai makanan yang terbagi dalam potongan kecil, bukan sepotong makanan padat yang utuh dan hanya memakannya lebih sedikit. Berdasarkan hasil percobaan ini dan lainnya, peneliti dari Arizona tersebut lantas menyarankan bahwa ini bisa menjadi aturan dalam memanipulasi persepsi yang bisa diterapkan pada manusia.

Penelitian berikutnya juga dilakukan dengan mengundang 300 siswa untuk percobaan. Mereka masing-masing ditawari bagel yang utuh dan yang telah dipotong menjadi empat bagian. Dua puluh menit kemudian mereka juga ditawari makanan siang gratis sepuasnya, dan hasilnya peserta yang sebelumnya makan bagel yang dibagi empat ternyata lebih sedikit makan siangnya. Berbeda dengan yang makan bagel utuh, mereka tidak bisa mengendalikan nafsu makannya.

Ini membuktikan bahwa jika ingin menurunkan berat badan, Anda bisa memotong makanan Anda menjadi bagian kecil. Pasalnya cara tersebut akan memberikan efek mengenyangkan perut Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar