Entri Populer

Senin, 01 Oktober 2012

Jokowi-Basuki Akan Kembangkan Kereta Api

R.K Community - Menurut calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, selain Transjakarta, pihaknya akan fokus pada pengembangan kereta api. Bersama calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dia akan bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam soal ini.

"Untuk kereta api, fokusnya sebagai interkoneksi Jakarta dan wilayah sekitarnya, seperti Bogor," kata Basuki ketika dihubungi Tempo, Selasa, 25 September 2012.

Basuki mengakui bahwa kemacetan di Jakarta banyak disumbangkan oleh arus pekerja yang masuk dari wilayah sekitar karena menggunakan kendaraan pribadi.

Alasan mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi karena akses kendaraan umum yang sulit. Jadi, kata Basuki, nantinya mereka akan membangun rumah susun sewa murah terpadu untuk masyarakat.

Konsepnya adalah membangun rusunawa di sekitar stasiun, sehingga akses masyarakat akan lebih mudah. Hal itu, tutur dia, akan lebih mudah jika ada kerja sama antara PT KAI dan pemerintah setempat.

Basuki mengatakan masih menimbang-nimbang dan cenderung akan mengevaluasi proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Alasannya, biaya pembangunan MRT yang sangat mahal sama seperti MRT di Amerika Latin.

"Kami juga akan mengevaluasi proyek monorail," katanya. Menurut Basuki, dana untuk pembangunan MRT atau monorail lebih baik dialihkan untuk Transjakarta dan kereta.

Sumber: Tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar