Entri Populer

Rabu, 24 Oktober 2012

Inspirasi Bulan Madu yang Berbeda

R.K Community - Ke mana Anda akan pergi berbulan madu? Biasanya orang berpikir tidak jauh-jauh dari pantai (dari yang dekat dan murah seperti Jawa dan Bali, sampai yang mahal seperti di Maladewa). Sementara, mereka yang mampu biasanya pergi ke Eropa, terutama tempat-tempat romantis seperti Laut Mediteranea, Italia dan Prancis.

Beberapa ide di bawah ini mungkin berguna bagi Anda yang ingin berbulan madu dengan unik dan berbeda.
Bangkitkan sisi petualang di dalam diri dan pasangan Anda. (iStockphoto)

Pasangan backpacker
Pilihlah tujuan yang asing dan tidak lazim dijadikan tempat bulan madu, namun tetap berpotensi romantis. Sebut saja Siem Reap di Kamboja atau Vientiane dan Luangprabang di Laos. Dengan gaya berwisata yang lebih hemat, tetapi tidak mengurangi kenyamanan, bangkitkan sisi petualang di dalam diri dan pasangan Anda.

Menginap di hostel yang lebih bagus dari biasanya, rencanakan kegiatan sendiri, perbanyak jalan kaki untuk eksplorasi, mencoba berhemat layaknya backpacker sejati.

Jalan kenangan
Tidak perlu terbang menuju suatu tempat. Anda bisa merencanakan perjalanan darat dengan kendaraan bermotor di sepanjang pulau Jawa (atau lebih populer dengan sebutan “roadtrip”). Pilih tujuan yang cukup unik, misalnya ke sebuah kota kecil yang memiliki kenangan bagi kedua individu, atau ke tujuan-tujuan populer seperti Yogyakarta dan Malang.

Intinya bukan tujuan, melainkan perjalanannya. Menginaplah di beberapa tempat di tengah jalan.

Jika berani, Anda dan pasangan bisa melaksanakan roadtrip ini di negeri asing, misalnya saja di Malaysia atau Thailand. Punya anggaran lebih? Cobalah ke Australia atau Selandia Baru.

Romansa jalur baja
Naik kereta api tak kalah romantisnya dengan bermalam di hotel mewah di Bali. Pilihlah jadwal yang sesuai, gerbong kereta api yang paling baik dan nyaman, lalu berwisata kuliner atau berpiknik sepanjang perjalanan.

Tentukan tujuan sendiri — bisa yang sejauh mungkin, lalu menginap di hotel yang istimewa di ujung perjalanan.

Seperti roadtrip, perjalanan dengan kereta api juga bisa dilakukan di luar negeri, yang justru lebih bervariasi. Sebut saja perjalanan kereta api ke Sapa, Vietnam dari Hanoi, atau dari Ho Chi Minh City ke Hanoi sekaligus. Perjalanan kereta api di Selandia Baru juga sangat menawan. Jika punya uang lebih, cobalah Orient-Express di Eropa atau jalur Singapura-Bangkok.

Menjadi kanak-kanak bersama
Pergilah ke taman hiburan yang membangkitkan semangat anak kecil di dalam diri kita. Banyak tempat yang cukup mumpuni dan relatif dekat dengan Indonesia, misalnya Disneyland di Hongkong, Universal Studios di Singapura dan Legoland di Malaysia.

Pasangan pecinta sejarah
Datanglah berdua ke suatu tempat dengan nilai sejarah tinggi, misalnya Hue di Vietnam, Kyoto di Jepang, atau Istanbul di Turki, lalu pelajari dan nikmati sejarahnya. Alternatif lain: Pergi ke suatu kota yang punya banyak museum dan lakukan wisata museum, seperti di Stockholm, Swedia, Washington D.C., A.S. atau Singapura.

Wisata coba-coba
Istilah ini menunjukkan wisata yang dilakukan secara coba-coba dan spontan. Misalnya, belilah tiket kereta api atau bus ke suatu tempat yang terjauh. Ide lainnya, Anda bisa menginap di hostel di negeri atau kota sendiri.  Atau, pergilah ke suatu tempat dengan bandara yang kita sukai dan jika Anda berdua memang menggemari dunia penerbangan, menginaplah di hotel dekat bandara.

Pergilah ke kafe atau tempat makan favorit, lalu tanya salah satu pegawai atau pengunjung tentang makanan atau tempat makan favoritnya. Pergilah ke tempat itu, lalu lakukan hal yang sama seterusnya satu hari dan nikmati perjalanan ke mana pun dia membawa kita.

Apapun jenis kegiatan dan tempat yang kita pilih untuk bulan madu, silakan sesuaikan dengan anggaran, minat, keinginan dan yang penting dapat dijadikan momen berdua yang dikenang sepanjang masa. Selamat berbulan madu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar