Entri Populer

Minggu, 28 Oktober 2012

4 Kata tidak untuk Anak



4 Kata tidak untuk Anak

MESKI Anda sangat sayang terhadap buah hati, namun hal tersebut tidak mengharuskan Anda untuk serta merta menuruti semua keinginan anak.

Bukan tanpa alasan, menuruti semua permintaan Anak bukan tidak mungkin akan menyebabkan anak akan tumbuh sebagai pribadi yang manja dan juga keras kepala. Nah, sebelumhal tersebut terjadi, Anda harus bersika tegas untuk mengataka ‘tidak’ dari beberapa hal berikut ini.

1. Saat bermain dengan temannya, tiba-tiba terdengar suara tangisan dari salah satu di antara mereka akibat perkelahian. Entah berebut mainan atau hal lainnya. Nah, di saat seperti ini, tegaslah untuk bersikap. Katakan ‘tidak’ untuk berkelahi dan saling menyakiti. Saat seperti itu juga bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan anak agar memiliki sifat yang pemaaf dan pemberani dalam mengakui kesalahan.

2. Kegiatan yang padat, ditambah tawaran film kartun yang menggiurkan untuk ditonton, membuat anak akan meninggalkan waktu belajarnya dengan lebih mudah. Seringkali anak merengek untuk tidak belajar. Saat seperti merupakan waktu yang tepat untuk mengatakan ‘tidak’ dalam bermain. Pastikan pula Anda membuat jadwal yang teratur untuk waktu bermain dan belajar anak.

3. Memiliki anak yang susah makan memang membuat kepala pusing. Anda harus memutar otak untuk membuatnya menurut untuk memakan makanan sehat yang Anda siapkan. Karena kegemarannya jajan makanan yang tidak sehat seperti junk food dan lainnya, Anda wajib mengatakan tidak dalam hal ini. Selain menjaga anak untuk tidak jajan sembarangan, melarang anak untuk makan junk food merupaka salah satu investasi agar anak terbebas dari kebiasaan buruk mengonsumsi makanan ‘sampah’.

4. Jika anak sakit, mungkin mereka tidak bisa bersekolah. Namun, jika Anda menemukan hal-hal yang ganjil seperti anak terlihat berpura-pura, segeralah untuk mengambil tindakan. Katakan ‘tidak’ untuk kebohongan yang ia lakukan.

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar